Melalui tips mencari artikel jurnal internasional dan nasional berikut ini, diharapkan siapapun yang butuh referensi bisa menemukannya dengan mudah.

Saat mengerjakan tugas ataupun membuat karya ilmiah, seperti skripsi dan tesis misalnya, seringkali kita bingung dimana mencari referensinya. Namun, jika melihat beberapa tips mencari artikel jurnal internasional dan nasional yang ada di internet, masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah.

Jurnal menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan sebagai referensi dalam karya ilmiahnya. Dalam jurnal dapat dilihat data-data penelitian berikut dengan pengolahan data dan hasilnya. Dari jurnal itu juga dapat diketahui apakah sebuah metode penelitian valid atau tidak.

Apa Itu Jurnal?

Lantas apakah yang dimaksud dengan jurnal itu? Pengertian jurnal secara umum adalah buku harian atau catatan harian yang dibuat secara pribadi oleh seseorang. Namun, arti jurnal bisa mengalami perbedaan jika diterapkan pada bidang tertentu.

Sedangkan pengertian jurnal menurut KBBI, diantaranya buku catatan harian, buku yang dipakai sebagai perantara buku harian dan buku besar, surat kabar harian, buku untuk mencatat transaksi berurutan sesuai waktu serta majalah khusus berisi artikel di bidang tertentu.

Arti jurnal yang lainnya adalah publikasi ilmiah yang isinya berupa sekumpulan artikel dan memiliki waktu terbit dengan periode tertentu, misalnya mingguan, bulanan, setengah tahunan dan sebagainya. Artikel yang masuk dalam jurnal harus melalui peninjauan dan penyuntingan lebih dulu.

baca juga: jasa pembuatan usecase

Proses peninjauan dan penyuntingan jurnal dilakukan oleh orang yang memiliki kompetensi dan keahlian sesuai bidangnya, sehingga validitasnya bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan keilmuan.

Pengertian jurnal secara sederhana adalah sebuah karya tulis yang bersifat ilmiah dan dibuat dengan orientasi akademik. Dalam publikasinya, jurnal ditangani oleh beberapa orang, yaitu penulis, layouter, editor dan sebagainya.

Alasan mengapa jurnal adalah referensi terbaik untuk karya ilmiah adalah karena publikasi jurnal dianggap memiliki tingkat keilmiahan lebih tinggi daripada bentuk publikasi yang lainnya. Tingkat keilmiahan yang tinggi akan berpengaruh pada karya ilmiah yang sedang Anda buat.

baca juga: jasa pembuatan bagan srruktur

Tips Mencari Artikel Jurnal Internasional dan Nasional

Jenis-jenis jurnal ada bermacam-macam, ada yang internasional dan ada juga yang nasional. Silahkan memilih jenis jurnal yang sesuai dengan kebutuhan penelitian dan bidang yang dipelajari. Pertanyaan adalah, bagaimanakah cara mencari jurnal internasional dan nasional tersebut?

Agar bisa menemukan jurnal internasional dan nasional yang berkualitas, dalam tips mencari artikel jurnal internasional dan nasional berikut ini akan diberikan situs-situs yang dapat diakses. Situs-situs tersebut diantaranya yaitu :

1.     Google Scholar

Cara mencari jurnal melalui Google Scholar termasuk mudah dan sederhana. Pengguna cukup mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan bidang yang dicari, dan mesin telusur akan mencarinya. Google Scholar adalah produk dari mesin pencarian terbesar di dunia, Google.

Google mendesain Google Scholar khusus untuk menyediakan berbagai literatur pendidikan serta referensi ilmiah. Apa saja yang ada di Google Scholar? Google Scholar berisi paper, e-book, tesis dan jenis jurnal-jurnal lainnya.

Silahkan mencari jurnal yang diinginkan hanya dengan masuk ke situs scholar.google.com dan temukan referensi yang tepat untuk karya tulis ilmiah bidang apapun. Google Scholar menyediakan jurnal internasional maupun nasional dalam berbagai bidang.

2.     Situs Perpusnas

Pemerintah Indonesia juga menyediakan situs khusus untuk menyediakan beragam jurnal, yaitu Situs Perpustakaan Nasional atau Perpusnas. Situs penyedia jurnal milik pemerintah ini memang khusus disewa untuk memenuhi kebutuhan jurnal nasional maupun internasional.

Referensi yang disediakan oleh Situs Perpusnas tersebut ada beberapa yang telah digratiskan oleh pemerintah, meskipun kebanyakan memang berbayar. Jurnal-jurnal yang ada di Situs Perpusnas berasal dari penerbit yang telah memiliki nama besar di dunia.

Cambride University Press dan Ebrary adalah contoh penerbit besar dunia yang jurnalnya telah ada di situs ini. Cara mendapatkan jurnal dari Situs Perpusnas juga sangat mudah, silahkan daftarkan diri lebih dulu pada situs tersebut, setelah itu dapat mencari jurnal sepuasnya.

3.     Situs Academia.edu

Tips mencari artikel jurnal internasional dan nasional berikutnya yaitu melalui situs Academia.edu yang memang sudah sangat sering digunakan oleh para akademisi. Situs ini kerap diakses oleh mahasiswa, dosen sampai para peneliti.

Pada situs ini, cara untuk menemukan jurnal yang tepat adalah dengan menjadi pengikut dari jejaring sosial para akademisi sesuai bidang yang dibutuhkan. Selain mendapatkan jurnal, Anda juga dapat mengirimkan hasil jurnal yang telah berhasil diselesaikan ke dalam situs ini.

Kalau butuh untuk mengunduh jurnal dari situs yang satu ini, caranya juga tidak terlalu sulit. Silahkan daftarkan diri dengan membuat akun pada situs ini, lalu lakukan login. Setelah itu, jurnal apapun yang diperlukgaan dapat diunduh dengan mudah.

4.     Jurnal.lipi.go.id

Situs jurnal milik pemerintah bukan hanya Situs Perpusnas saja tetapi juga di situs jurnal.lipi.go.id yang koleksinya cukup beragam. Situs jurnal milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI tersebut menyediakan jurnal di bidang teknik, kimia, fisika, biologi dan sebagainya.

Situs jurnal LIPI ini sangat direkomendasikan sebagai tempat untuk mencari jurnal yang tepat sebagai referensi skripsi para mahasiswa. Beda dengan jurnal yang ada di Perpusnas, LIPI menyediakan jurnal-jurnal tersebut dengan gratis, sehingga cocok diakses oleh para mahasiswa.

5.     Research Gate

Ketika mencari jurnal melalui internet, pasti ada jurnal yang bersumber dari situs yang satu ini, yaitu Research Gate. Hal itu tidaklah mengherankan karena memang Research Gate merupakan platform media sosial khusu para akademisi dan peneliti, sekaligus menjadi forum diskusi.

Bisa dibilang bahwa Reseach Gate mirip dengan situs Acedemia.edu namun tampilan websitenya lebih ringan. Jurnal-jurnal yang tersimpan didalamnya juga beragam, meskipun tidak sepenuhnya terbuka aksesnya.

Beberapa publikasi jurnal membutuhkan izin dari pemiliknya, tapi ada juga yang gratis dan dapat diakses maupun diunduh dengan bebas. Jika telah mempunyai akses lebih dari situs ini, setiap jurnal yang telah dipublikasikan oleh Research Gate dapat diunduh.

6.     Id.portalgaruda.org

Cara mencari jurnal penelitian ilmiah yang cukup mudah dilakukan adalah dengan mengunjungi situs milik IPI yang merupakan portal milik Garuda Publikasi Indonesia Index. Website IPI ini menjadi alternatif lain bagi mereka yang tidak berhasil menemukan jurnal di Perpusnas dan LIPI.

Jurnal ilmiah yang dipublikasikan melalui situs ini banyak yang gratis dan cukup lengkap koleksinya. Setidaknya sudah ada kurang lebih 5000 jurnal yang dapat diakses melalui situs satu ini dan bisa diunduh dengan gratis.

7.     IOSR

Jika mencari jurnal internasional yang menggunakan ISSN pendidikan, pilihannya ada di situs IOSR. Organization of Scientic Research atau IOSR memiliki alamat website iosjournal.org, dan dapat diakses gratis.

Pengelola situs ini adalah pihak swasta yang independen dan menjadi tempat yang tepat untuk menemukan jurnal-jurnal ISSN yang digunakan sebagai referensi penelitian ilmiah. Apapun jurnal yang dicari, selama berkaitan dengan bidang pendidikan biasanya ada di situs IOSR tersebut.

IOSR menjadi salah satu tips mencari jurnal internasional dan nasional yang layak untuk dicoba, terutama bagi mereka yang sedang melakukan penelitian di bidang pendidikan.

Jika masih kesulitan mencari jurnal untuk keperluan penelitian ilmiah, ada cara yang sangat mudah, yaitu melalui website jasatugas.net yang melayani jasa cari jurnal nasional dan internasional. Langsung saja hubungi 0838440173448 untuk mendapatkan jurnal yang dibutuhkan.

Topics #cara download jurnal #tips mencari artikel jurnal