Tips Kuliah Sambil Kerja

Bagi anak kuliahan, memiliki penghasilan lebih bukan menjadi hal yang tidak mungkin. Bekerja sembari kuliah memang menyita banyak waktu, tetapi memungkinkan untuk dilakukan. Agar tidak keteteran, Anda dapat mengikuti tips kuliah sambil kerja.

Sekarang ini, tidak sedikit mahasiswa yang bekerja sembari kuliah. Seperti yang kita ketahui, pendidikan menjadi hal penting sebagai penunjang karir di masa depan, tidak hanya itu persaingan di dunia kerja semakin lama juga menjadi semakin besar, oleh sebab itu berkuliah sambil bekerja dapat dilakukan.

Tips Kuliah Sambil Kerja

Jika Anda tertarik bekerja sembari kuliah, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan, agar tetap fokus pada pelajaran serta pekerjaan, antara lain:

1.     Atur Waktu Sehari-Hari

Agar dapat mengikuti kegiatan perkuliahan sembari menyelesaikan pekerjaan, Anda harus mulai mengatur waktu sejak hari ini. Buat daftar perkuliahan setiap hari, mulai dari jam dimulainya perkuliahan hingga jam perkuliahan berakhir.

 

Begitu pula dengan jadwal pekerjaan Anda. Susun jadwal yang sudah disesuaikan dengan jadwal kuliah. Dalam hal ini, sebenarnya yang paling penting bukan jadwal yang sudah dibuat, tetapi kedisiplinan Anda dalam melaksanakan jadwal tersebut.

 

2.     Bekerja Secara Efisien, Efektif Serta Konsisten

Seperti yang sudah disinggung di poin pertama, ketika kuliah sembari bekerja, Anda akan dituntut untuk dapat melakukan setiap jadwal dengan maksimal. Selain itu, Anda juga harus dapat menggunakan waktu kerja dengan sebaik mungkin.

 

Agar termotivasi dalam bekerja, tidak sedikit orang yang memajang foto orang tersayang di meja kerja. Langkah ini dapat memicu semangat dan membuat Anda tergugah untuk terus bekerja dengan maksimal.

 

Anda juga akan dituntut agar dapat bekerja dengan efisien, efektif serta konsisten. Anda harus dapat menghargai dan mengikuti jadwal yang sudah dibuat serta melakukannya dengan teratur.

 

Ketika kuliah sembari bekerja, Anda harus menyadari bila belajar menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan, begitu pula dengan bekerja. Agar dapat bertahan hidup dan mampu membayar biaya kuliah, bekerja menjadi langkahnya.

 

Bila sudah sadar dengan kepentingan tersebut, keduanya dapat menjadi motivasi sendiri untuk melakukannya secara bersamaan.

 

3.     Berpikir Positif Dan Kurangi Stress

Jangan pernah mudah menyerah. Kata-kata ini mungkin sudah sering Anda dengar dan diucapkan banyak orang mulai dari guru, orang tua atau bahkan dosen. Ketika menjalani dua kegiatan ini bersama-sama, Anda harus selalu berpikir positif.

 

Berpikir positif di setiap hal yang menimpa kita seperti obat tersendiri untuk menghindari gangguan stress serta rasa lelah berlebihan. Risiko kuliah sambil kerja adalah tubuh menjadi cepat lelah.

 

Lebih-lebih masih ditambah dengan tugas kuliah serta bahan yang harus dibaca sebelum dimulainya tes. Stress sudah tentu menjadi hal yang wajar terjadi pada mahasiswa yang kuliah sembari bekerja.

 

Solusi yang dapat dilakukan agar dapat menghindari stress tersebut adalah berpikir positif. Jangan lupa pikirkan hal yang baik dan dapat membuat Anda menjadi semakin bersemangat dalam bekerja.

 

4.     Kurangi Waktu Untuk Berlibur

Tips kuliah sambil kerja yang lainnya adalah mengurangi waktu untuk berlibur. Seperti yang kita ketahui, kelebihan dari kuliah sembari bekerja ialah mempunyai pendapatan tetap setiap bulan.

 

Hal ini membuat mereka yang berada di usia muda ingin menghabiskan waktu dengan berlibur. Tentu, hal yang menggoda adalah menghabiskan waktu luang untuk nongkrong.

 

Padahal, saat Anda sudah memutuskan berkuliah, hindari menghabiskan waktu untuk hal yang bisa mengganggu kerja serta kuliah Anda. Bukan berarti Anda tidak diizinkan untuk berlibur, tetapi lebih baik kurangi waktu untuk nongkrong atau berpergian.

 

Waktu uang Anda habiskan untuk berlibur maupun berbincang akan terbuang sia-sia. Padahal, waktu berharga tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah pekerjaan atau masalah perkuliahan agar mengurangi beban Anda.

 

Anda bisa mengurangi waktu liburan menjadi sebulan sekali, sehingga dapat menggunakan waktu luang lainnya untuk melakukan kegiatan perkuliahan.

 

5.     Pilih Kuliah Online

Sekarang ini, tidak sedikit universitas yang memungkinkan mahasiswanya belajar via daring. Sehingga, mereka tidak perlu masuk dalam ruang kelas universitasnya. Sistem kuliah online ini akan memudahkan Anda berkuliah sambil bekerja.

 

Dengan adanya sistem ini, Anda juga dapat menggunakan waktu lebih banyak untuk melakukan sejumlah aktivitas. Jika bekerja di waktu weekend atau bekerja dengan sistem shift, berkuliah dengan metode semacam ini bisa dijadikan pilihan.

 

6.     Tetapkan Prioritas Setiap Harinya

Setiap pastikan Anda memiliki prioritas yang harus diutamakan bila dibandingkan dengan hal lain. Untuk menentukan prioritas, sisihkan waktu dalam beberapa menit.

 

Dengan membuat daftar prioritas, apa yang dikerjakan bisa disesuaikan dengan deadline pekerjaan. Selain itu, Anda juga dapat kuliah sembari bekerja tanpa merasa terbebani bahkan pekerjaan bisa selesai lebih cepat karena sudah mengetahui apa hal yang harus dilakukan.

 

7.     Sampaikan Pada Atasan Mengenai Perkuliahan Anda

Bila memutuskan kuliah sembari bekerja, lebih baik sampaikan ke atasan. Ketika perkuliahan sudah dimulai, akan ada banyak moment, Anda harus izin untuk menyelesaikan kegiatan perkuliahan, contohnya seperti saat sudah akhir.

 

Bicarakan niat Anda untuk berkuliah pada atasan sehingga dapat mempermudah langkah kedepannya. Bila memungkinkan, usahakan memilih tempat bekerja yang mendukung karyawannya melanjutkan pendidikan.

 

Dengan cara ini Anda bisa memperoleh keringanan saat membutuhkan waktu berkuliah. Tidak perlu khawatir, sekarang tidak sedikit perusahaan yang mengizinkan karyawannya untuk melanjutkan pendidikan.

 

8.     Pertahankan Nilai Kuliah

Tips kuliah sambal kerja yang lainnya adalah memperhatikan nilai kuliah. Walaupun sembari bekerja, pastikan jika nilai di kampus tidak mengalami masalah. Ikuti seluruh kuis serta kumpulkan tugas dengan tepat waktu.

 

Jangan sampai terlambat mengumpulkan tugas atau terlambat mengikuti ujian. Bila nilai yang Anda miliki mengalami masalah, mata kuliah tersebut harus diulang dan kuliah menjadi molor. Akibatnya, kuliah tidak kunjung lulus dan biaya kuliah juga membengkak.

 

9.     Jaga Peforma Kantor

Tanggung jawab yang Anda miliki sebagai pekerja serta mahasiswa tentu berlipat ganda. Tetapi, jangan sampai hal tersebut mengganggu kinerja serta kesehatan. Selesaikan semua pekerjaan kantor dengan baik dan hindari membawa pekerjaan kantor pulang ke rumah.

 

Jangan sampai, tugas kuliah dijadikan sebagai alasan untuk mengerjakan pekerjaan kantor dengan terlambat.

Bagaimana Agar Semua Tugas Kuliah Dapat Dikerjakan Tepat Waktu?

 

Berkuliah sambil bekerja memang bukan menjadi hal yang mudah, lebih-lebih jika pekerjaan dan tugas kuliah tiba-tiba menumpuk menjadi satu. Sebenarnya, agar memudahkan Anda mengerjakan semua tugas kuliah, jasatugas.net dapat dijadikan sebagai pilihan.

Anda hanya perlu memberikan briefing berkaitan dengan tugas kuliah yang harus dikerjakan, kemudian jasatugas.net akan memberikan sejumlah syarat dan ketentuan, serta biaya yang harus dipenuhi.

Pada tanggal deadline yang dijanjikan, Anda cukup menunggu tugas tersebut dikerjakan dengan baik. Hingga sekarang, sudah banyak mahasiswa yang mempercayakan tugasnya pada jasatugas.net. Buang jauh-jauh keraguan yang Anda miliki.

Tips kuliah sambil kerja di atas memang dapat membantu, tetapi bila tugas kuliah sudah banyak menumpuk di depan mata, segera hubungi jasatugas.net di nomor kami.

WhatsApp: 083840173448

Email: [email protected]

 

 

Topics #tips kuliah sambil kerja